Selasa, 26 Maret 2013

Macam-Macam Roda Gigi

Pada tulisan sebelumnya saya membahas tantang Jenis-jenis Reducer Gear kali ini saya akan membahas Macam-Macam Roda Gigi.
 

langsung aja ya....

Roda Gigi
          Roda gigi adalah roda silinder bergigi, yang digunakan untuk mentransmisikan gerak dan daya dari sebuah poros berputar ke poros berputar yang lain. Gigi roda gigi penggerak terletak secara akurat antara gigi roda gigi yang digerakkan seperti di perlihatkan pada Gambar 1.1 Gigi penggerak memdorong gigi yang digerakkan dengan daya yang tegak lurus jari-jari roda gigi. Dengan demikian, suatu torsi ditransmisikan, dan karena roda gigi berputar, maka daya juga ditransmisikan.


Gambar 1.1 Pasangan roda gigi lurus. Pinyon menggerakkan roda gigi



           Umumnya roda gigi digunakan untuk menghasilkan perubahan kecepatan putar pada roda gigi yang digerakkan relatif terhadap kecepatan putar roda gigi penggerak. Pada Gambar 1.1, jika roda gigi yang bagian atas lebih kecil, disebut pinyon, menggerakkan roda gigi bagian bawah yang lebih besar, untuk sederhananya disebur roda gigi (gear), maka roda gigi yang lebih besar akan berputar lebih lambat. 

Macam-Macam Roda Gigi
 

Gambar 1.2 Variasi dari macam-macam roda gigi


Jenis roda gigi dengan bentuk geometri gigi yang berbeda umum digunakan. Gambar 1.2 memperlihatkan foto beberapa macam roda gigi. Label menunjukkan jenis utama dari roda gigi yang dibahas adalah:  
  1. Cacing dan Roda Gigi Cacing
  2. Roda Gigi Kerucut
  3. Roda Gigi Miring
  4. Roda Gigi Internal
  5. Batang Gigi
  6. Roda Gigi Lurus

Referensi : Robert L. Mott., Machine Elements In Mechanical Design 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar